Senin, 18 Agustus 2014

Pinophyta

Bismillah .....


Cycas rumphii Miq. (Pakis Haji)


                                 
Deskripsi:
                Berupa pohon atau perdu yang menyerupai palem, berakar tunggang, jarang bercabang, empulur besar, pada kulit batang terdapat saluran-saluran resin. Daun majemuk pinnatus, terkumpul di ujung batang membentuk mahkota (berupa roset batang), daun muda menggulung seperti daun paku-pakuan. Tumbuhan dioceus, unisexual, stobilus terletak terminal. stobilus jantan terdiri banyak mikrosporofil (stamen) yang tersusun spiral, masing-masing membawa mikrosprongia (serbuk sari) halus. Megasporofil (carpel) dari strobilus betina dapat tersusun lepas satu sama lain (Cycas). Setiap makrosporofil membawa 2 atau lebih ovule dipinggirnya. Buah biasanya serupa drupa yang berwarna hijau tua jika mudah dan hitam jika tua.

Zamia curcas (Bunga Dollar)

Deskripsi:
                Berupa perdu, mempunyai saluran resin dan berumbi. Dibagian bawah batang gemuk dan makin ke atas makin kecil berwarna hijau, berakar serabut, daun tunggal, bentuk bulat telur dengan ujung meruncing, daging daun tebal dengan pertulangan daun menyirip, arah permukaan daun menghadap ke batang. Zamia curcas tumbuh dari batang yang berfungsi sebagai tangkai daun, sebab daun yang tumbuh akan langsung keluar dari batang. Monoceus, strobilus jantan berada disebelah atas yang tersusun spiral dan stobilus betina berada di bawah stobilus jantang tersusun spiral juga.



Gnetum gnemon L. (Melinjo)





Deskripsi:
                Habitusnya berupa pohon, tanpa saluran resin, berakar tunggang, pada pembuluh xilem sudah terdapat trakea, saluran lendir terdapat pada floem. Batang simpodial dengan percabangan plagiotrop. Daun tunggal berhadapan, membentuk ovatus dengan tulang daun menyirip. Tumbuhan dioceus, bunga dalam strobilus yang membentuk panikula, terletak aksilar atau terminal. Pada pembungaan terdapat nodus-nodus, setiap nodus terdapat bractea-bractea serupa sisik yang terletak dalam lingkaran dan bersatu membentuk cawan yang disebut kopula, pada strobilus jantan diatas kopula terdapat sejumlah bunga-bunga jantan yang tersusun spiral, setiap bunga jantan mempunyai badan berbentuk corong yang di dalamnya terdapat 1 stamen dengan dua anther (mikrosporongia). pada storobilus betina diatas kopula terdapat 1 lingkaran bunga betina yang sebagian besar fertil, setiap bunga betina mempunyai 1 ovule yang dibungkus oleh perianthium yang berdaging, ovul dengan dua integumen yang membungkus nuselus, setiap integumen terbuka pada bagian apeks, setelah biji masak integumen luar mengeras.








Tidak ada komentar:

Posting Komentar